The Laker's X6… Everything, Everywhere, Everytime…

Punya pacar yang posesif pada awal hubungan memang akan membuat kita tersanjung, karena mungkin kita merasa dia benar-benar perhatian dan mencintai kita seolah-olah dia tidak mau ada cewek lain yang berhubungan dengan kita. Secara, pacar akan selalu berusaha menunjukkan perhatian yang besar dan terlihat seperti curahan kasih sayang yang menyenangkan.

Tapi jangan salah, lama kelamaan sikap posesif jadi nggak menyenangkan atau bahkan cenderung mengganggu. Bahkan, segala pengekakangan yang dilakukan si posesif akan membuat kamu seperti berada di dalam ‘penjara’ cinta dan tak lagi punya privasi.
Parahnya lagi, kalo si posesif udah mulai mengendalikan segala aktivitas dan menerapkan berbagai macam aturan untuk dipatuhi. Nggak boleh ini, nggak boleh itu, harus begini, harus begitu. Belum lagi banyaknya pertanyaan penuh curiga atau bahkan aneka ancaman yang nggak enak didengar kalo aturan si pacar dilanggar. Pastinya bikin bete kan?
Lantas, kenapa sih orang bisa menjadi bersikap posesif sama pasangannya?

“Ada banyak hal yang membuat orang jadi bersikap posesif. Misalnya aja pernah mengalami pengalaman tak menyenangkan seperti korban perceraian, dibohongi, atau pengalaman buruk lainnya,”ungkap Mbak Dinuriza Lauzi, Psikolog Remaja kota Batam yang akrab disapa Mbak Nissa.
Pengalaman pernah dibohongi atau dikhianati pacar sebelumnya juga bisa membuat seseorang jadi bersikap posesif ketika menjalin hubungan baru. Tentunya dengan alasan nggak pengen dikhianati lagi untuk yang kesekian kalinya.

Rasa takut dikhianati itulah yang terkadang membuat seseorang cenderung mengawasi, mengendalikan, mendominasi pasangan secara berlebihan. Hingga melupakan kalo orang lain juga butuh kebebasan, privasi, serta punya kehidupan sendiri yang tak bisa dikendalikan orang lain dengan seenaknya.

“Selain dipicu rasa trauma, sikap posesif juga bisa muncul karena rasa sayang yang berlebihan pada pasangannya. Atau bisa juga karena dia merasa ‘tidak aman’ terhadap hubungan yang lagi terjalin, nggak pede dengan dirinya sendiri, curiga berlebihan dan banyak lagi,”jelas Mbak Nissa.
Sebut saja, karena pacarnya kembang sekolah atau orang ditaksir banyak orang, bintang sekolah atau sosok yang memang benar-benar disukai banyak orang. Rasa takut bakal kehilangan pacar itulah yang kerap membuat orang jadi bersikap posesif.

Selain rasa sayang yang berlebihan, sikap posesif ternyata bisa juga lho jadi cara seseorang menutupi kesalahan yang sedang dilakukannya. Misalnya aja, takut ketauan karena selingkuh, seseorang jadi berusaha menampilkan sesuatu yang beda sama pacarnya. Berusaha menunjukkan kasih sayang agar tak ketauan salah hingga akhirnya berujung pada sikap posesif. (*)

Justru Makin Posesif Kalo Dibohongi
MENGHADAPI pacar yang posesif memang nggak mudah. Soalnya, kebanyakan orang posesif akan selalu berusaha menunjukkan ‘kekuasaan’ lewat hal-hal yang kadang terasa nggak masuk akal. Tak hanya penuh larangan, tapi juga ancaman hingga perlakuan kasar lewat tamparan, tendangan, makian, atau hal-hal lain yang sifatnya kekerasan.

Itu karena, orang yang posesif cenderung pengen menguasai, mendominasi, dan mengendalikan orang yang disukai serta disayanginya. Jadi, jangan heran kalo si posesif akan selalu menjadi dalang yang bisa seenaknya mengendalikan pacarnya seperti wayang atau boneka kayu.
Sebagai manusia normal, setiap orang pastinya nggak mau dong hidup di bawah kendali orang lain. Tapi, rasa sayang terhadap pasangan kerap membuat orang lebih suka mengalah walau sering mengalami perlakuan nggak enak.

Ujung-ujungnya, seseorang lebih memilih untuk berbohong saat pengen melakukan sesuatu. Alasannya sih beragam, karena nggak pengen membuat pacar marah, malas ribut atau alasan lain.

Sekilas, kebohongan yang dilakukan terutama kalo nggak ketauan memang nggak akan jadi masalah besar. Tapi sebenarnya, bagi orang yang posesif, menerima kebohongan dari orang yang disayangi justru akan memicu ledakan kemarahan.

“Biasanya sih, orang yang posesif akan semakin marah saat tahu dibohongi oleh orang yang disayanginya. Dan akibatnya, akan semakin buruk. Bisa semakin menjadi posesif, atau bahkan semakin mengekang pacarnya agar tak terjadi kebohongan lagi,”ungkap Mbak Dinuriza Lauzi atau Mbak Nissa.

Jadi, daripada nekat berbohong yang berpeluang ketauan, lebih baik bicara terus terang dan membuka komunikasi dengan pacar kalo memang ada kepentingan. Lewat komunikasi yang baik, pacar pasti mau memahami keinginan kamu. (*)

Akhiri Aja Kalo Hubungan Udah Nggak Sehat
BAGI orang yang posesif, ada cukup banyak cara yang bisa ditempuh untuk menunjukkan dominasinya di mata pasangan. Mulai menyusun sejumlah aturan yang mengikat, ancaman kalo melanggar, sampai tindakan kekerasan.

Selama dampak dari sikap posesif masih dalam tahap yang bisa ditolerir, pastinya tak ada masalah. Tapi, kalo dampaknya udah menyakiti Youngsters atau menyakiti dirinya sendiri akan jauh lebih baik kalo segera diakhiri.

Soalnya, hubungan yang tujuan awalnya pengen membangun kasih sayang tapi kalo justru menjadi ajang saling menyakiti kenapa juga harus dipertahankan?
Memang sih, bukan hal mudah mengakhiri hubungan dengan orang posesif. Karena, akan ada banyak intimidasi baik secara fisik, verbal maupun secara psikis. Tapi, kalo Youngsters nggak pengen menghabiskan hidup dalam ‘penjara’, memutuskan hubungan akan menjadi jalan yang bisa dipertimbangkan.

Apalagi, kalo pacar kamu udah mulai main kasar dan menyakiti tak hanya perasaan tapi juga fisik. Secara, masih banyak juga cowok yang lebih baik dari pacar kita saat ini. Artinya, kalo pacar udah membuat hubungan nggak sehat, udah saatnya diakhiri.

“Memang sangat dibutuhkan ketegasan saat mengambil keputusan sebelum mengakhiri sebuah hubungan. Karena, bisa saja si posesif melakukan tindakan nekat yang kadang memunculkan kembali rasa ragu dalam mengambil keputusan,”jelas Mbak Nissa.

Sebut saja, ancaman bunuh diri, menyilet leher, nggak mau sekolah lagi atau banyak alasan lain yang bisa aja memunculkan beban dan rasa khawatir kamu sebagai pacarnya.
Sehingga, sebelum keputusan putus diambil, tak ada salahnya meminta bantuan pada orang yang terbuka dan kita percaya. Setidaknya, ada orang lain yang memahami persoalan yang sedang kamu hadapi. Misalnya aja sahabat atau orang yang dekat ama kamu.

Lalu gimana dong kalo pacar nggak mau putus dan justru berjanji akan berubah?
“Kalo Youngsters masih sayang dan yakin bisa bertahan, nggak ada salahnya juga memberikan kesempatan kedua pada pacar untuk berubah. Tapi, kalo kesempatan itu tak dimanfaatkan dengan baik, semuanya kembali pada Youngsters apakah sanggup menjalani hubungan tak sehat tersebut,”jelasnya.

Tak ada salahnya juga lho mengajak pacar untuk meminta bantuan psikolog. Karena sebenarnya, bukan orang lain aja yang nggak nyaman tapi orang yang posesif pun sebenarnya tak bisa hidup tenang dan penuh dengan perasaan curiga.

Comments on: "Cara Mudah Atasi Pacar Posesif" (31)

  1. Wah brother,, itu gw banget. Tapi sayang,, gw yang digituin bukan pasangan gw (gw cowo bro dan yang bersikap diatas, termasuk kekerasan itu cewe gw)

  2. Aku sekarang sedang mengalami hal itu,..
    Punya co yang sangat posesif,..
    3 hari yang lalu aku putusin tapi dia malah melakukan percobaan bunuh diri,.
    aku ga tau lagi harus gimana………
    aku ga sanggup lagi sama dia,..

  3. tu juga aku banget,
    ampe pusing aku ngadepinya,
    sebenernya dah gak tahan lagi sic ma sikap dia,
    tapi aku kok tetep ja sayang ma dia,
    aku gak bisa ninggalin dia…

  4. kalo ngatasi pacar posesif sich dari aku sendiri sich ….

    kasih perhatian lebih pasti dia nya lama kelamaan percaya ama kamu n alhasil lo bisa ajak bicara pelan2 …

    emang susah sich tp coba aja dulu …

    happy trying ^^…

    _C.Lover_

  5. trgantung yang ngjalaniin tuu hub sii,mnrut guw..

  6. aq jg ngalamin kyak gitu… tp masalahnya ini mantan cwek dr cwokq yg kayak gitu.. Akibatnya aq yg kena sekarang. walaupun qta bedua terus tetep tdk akan menyerah..

  7. ya ampun sama kayak gw,cowo gw posesif bngt,gw udah berkali-kali bilang ama dia kalo gw dah nyaman ama dia,setiap gw putusin dia janji mau berubah,tapi mana???malah tambah posesif bnget,capek bnget gk bisa lepas dari dia ='(

  8. posesif itu apa hubungannya dengan kekerasan dalam pacaran. Bisa dijelaskan lebih spesifik? trims

  9. q sering ma pacar q di maki-maki.direndahkan.q ngarasa lo q da nggak da artinya di mata dia.pdhal cwok q tu yg skrg jelek.pdhal q bisa nyari yg lebih ok dari dia.tapi mau gmna lagi q dah terlalu sayang ma dia.jadi lo q di apa2 in q cuma diem ja.

  10. waduhhhhhhhhhh
    sebuah kisah yg dramatis
    dan ironis ny kisah di ats akupun menglaminya pe skrng, aku tak tau da brush semksimal mngkn untuk mencurhkan segenp rs sygq. dia begitu posesif appun tak bleh q lkukan dn bhkn da tmn cwk yg berd d dktq pun dlrang. maunya q hny untk dia, sering x q dcci dn bhkn dhina tp q tk tau ju2r dr hti yg pling dlm q trsiks dg hub ne tp cintq pd ny menghilngkn logikaq akn skit ne.
    dan msalah ny kmi menjlne hub jarak jauhhhhhhhh dan dia sibuk dg duni ny sndiri. q pun sllu dslahkn jk menuntut untk dprhtiin.
    wah rumit y kisah cinta ku neee
    wah untuk semu dinti msukn untk hub q ne!
    srankan lewt: ritalovely40@yahoo.com
    thank’s 4 u all

  11. sama kyk gw tu,,pcar gw gk mw sX mengalah.sampai2 gw mw putusin dy tapi gw jg gk tegah,karna tiap x gw mw putusin dy mala aq tambah sayang ma dy

  12. ya bgus la lw psesif tpi jgn kterlaluan

  13. …tolong donk…
    gw lgi alamin cwe yg posesif..bahkan sangat parah…gimana cranya utk ninggalinnya…cos’ gw udah ngak tahn sama skali…MENYERAH

  14. gk bisa beri coment cz blom pernah pacaran

  15. SELALUU BRSAHA YG TRBAEK LO MSALX TH TRJADI TH CNMAN CBAAN YG DTG TRMA DGN KIKLSAN.

  16. saMa neey,
    aku jg..
    tw aach??
    Ribeet..

    sma yg d’Lakukan jd sRba saLah, huufft,,

  17. pacar posesif itu wajar selama tidak merugikan . posesif itu juga butuh kok dalam sebuah hubungan . saling percaya itu kuncinya🙂 khawatir itu wajar tergantung gimana kita bersikap terhadap pasangan . enjoy aja hidup cuma sekali jangan mau dibodohi sama orang yang belum tentu menjadi pasangan hidup kita ( suami / istri )

  18. hmm… cowok ku lumayan possesif juga, yaahh banyak2 bersabar aja, sama berdoa pada Tuhan biar dia disadarkan.

  19. Awalnya aku d posesifn ma dia,
    Karna ada suatu kesalahan yg dia tutupn dri aku..
    Skrg q jd ga bsa percya ma dy,
    Salah ga aku ga percya ma dy?

  20. q jga nichhhhhhhhhhh
    ti q gx mwu khilng dya

  21. aq juga_rasax sebel bgt pux pcr yg posesif n g pux logika kya gtu_sbnerx pengen putus tp tkut dy nglakuin hal2 yg g bener_soalx anak orng_jd klo trjdi apa2 sma dy n kthuan ma ortux klo qt lah penyebabx_bisa gwat_

  22. spertix pux pcr kya gtu_bukan jadiin kita bahagia_mlah datengin petaka_

  23. pacar yg posesif gak bisa dimengerti

  24. Hey! I know this is kinda off topic however I’d figured I’d ask.
    Would you be interested in exchanging links or maybe
    guest authoring a blog article or vice-versa? My website discusses a lot of the same subjects as yours and I think we could
    greatly benefit from each other. If you happen to be interested feel free
    to shoot me an e-mail. I look forward to hearing from you!
    Wonderful blog by the way!

  25. Wow, amazing weblog layout! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you made blogging look easy. The total look of your site is magnificent, let alone the content material!

  26. This is really fascinating, You are an excessively professional blogger.
    I’ve joined your rss feed and stay up for in search of extra of your excellent post. Also, I have shared your site in my social networks

  27. I’m very happy to discover this page. I wanted to thank you for ones time due to this wonderful read!! I definitely liked every little bit of it and I have you book marked to check out new things in your web site.

  28. Sama kyak aku😥
    capek bnget ngatasi cwok posesif
    ujung ny psti slg menyakitkan,
    aku bgai gak brharga lg d mata dia, di caci dimaki, susah buat dia agar percaya, pdhl aku slalu jjur, itupun kata nya sllu bhg
    aku ptusin, tp dia ngancem bnuh diri mskipun gak trjdi tp kesannya hub udh nggak baik lgi, krn kasian dan jg msh syg akhir ny aq cb tug mnjalin lagi.. Mskipun mneyakitkan.. Sangat dan sangat mnyakitkan😥
    mmg berubah, ngancem nya nggak lg, tp tuduhan demi tuduhan dan rs nggak prnh prcaya itu ttp ada..
    Aku hrus bgaimana…

  29. aku juga ngalamin sekarang, pnya cowok posesif banget, aku ga boleh ini itu, hp selalu di pinjem di liat aku sms dan telefon sama siapa aja, fb juga di buka pesan2nya, aku ga punya ruang gerak sedikitpun, aku tertekan dengan ini, dia ga mau di putusin, dia ngancem ke aku kalo keluarga aku bakal dia hancurin, parah bgt, aku harus gimana, aku putus asa pengen bunuhdiri lama-lama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: